Pariwisata

Permasalahan Hak Paten atas Merek Dagang/Jasa "IYENGAR"

Pelapor dan kawan-kawan adalah pengikut aliran Iyengar Yoga di Indonesia sekaligus pemilik studio yoga Iyengar di beberapa tempat di Indonesia

Iyengar Yoga adalah nama aliran yoga yang berpusat di Pune India, dengan lembaga pendidikan yoganya bernama Ramamani Iyengar Yoga Memorial Institute (RIMYI)

Permasalahan yang disampaikan oleh PT Thoma Dive Resort

PT Thoma Dive Resort merupakan perusahaan yang berinvestasi di bidang destinasi pariwisata di Desa Pulisan, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Prov. Sulawesi Utara. Perusahaan tersebut sudah membeli sebidang tanah seluas 1,8 hektar di pantai sekede pada tanggal 21 Februari 2018. Kemudian terkait pengurusan dibantu oleh partner bisnis yang bernama Martha Rondonuwu.

Permohonan partisipasi keikutsertaan dalam one single submission system PT Leadership Island Indonesia

PT LII adalah sebuah perusahaan penanaman modal asing yang berupaya membangun sebuah destinasi wisata ramah lingkungan di Kepulauan Widi, Maluku Utara. Pada saat ini sedang menjalani proses aplikasi beberapa perizinan yang dibutuhkan, termasuk izin untuk Usaha Pemanfaatan Jasa Lingkungan penyedia sarana Wisata Alam (IUPJL-PSWA). Kemudian PT LII telah mendapatkan surat keputusan dari pemerintah provinsi yang memperbolehkan pelaksanaan pembangunan proyek.
Permasalahan yang dihadapi PT LII diantaranya:
1. Kejelasan mengenai tarif dan tata cara pembayaran PNBP;

Permohonan Penyelesaian Masalah Investasi PT Parna Raya dan PT Sarinah

PT Parna Raya bersama PT Sarinah (Persero) melakukan investasi bersama berupa kepemilikan Hotel Sari Pan Pacific (PT SHI). Dalam perjalanannya mengalami masalah yaitu: (1). Permasalahan Saham Inbreng; (2). Belum terlaksananya rencana inovasi hotel sesuai perjanjian kerjasama. Detail permasalahan dapat dirunut melalui tautan terlampir.

Permasalahan Peraturan Walikota Denpasar yang Bertentangan Dengan Perpres Nomor 44 tahun 2016 tentang DNI Dalam Hal Pendirian Bioskop

Adanya Perda di Kotamadya Denpasar bertentangan dengan Perpres Nomor 44 tahun 2016 tentang DNI. Dalam hal pendirian Bioskop muncul Perda yang mengganjal karena terbit setelah semua izin terpenuhi

Sweeping Pekerja Asing

Beban Birokrasi :
Adanya pemeriksanaan polisi ke perusahaan terkait dengan tenaga kerja asing, dan sweeping oleh Ditjen Imigrasi dan Kepolisian di kamar-kamar hotel untuk pemeriksaan visa bagi wisatawan mancanegara.

Masalah Akses Penerbangan Langsung NTB

Pemprov NTB sedang mengembangan pariwisata NTB sebagai destinasi halal tourism dunia, namun masih terhambat akses penerbangan langsung. Pemprov NTB pernah mensubsidi maskapai jetstar 2 milyar per tahun agar melakukan penerbangan rutin Australia-Lombok, namun saat ini tidak dilanjutkan.

Aturan Pendaftaran Usaha Pariwisata untuk Perorangan

Birokrasi :
Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor PM. 86/HK.501/MKP/2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Penyediaan Akomodasi yang mensyaratkan pendaftaran usaha pariwisata juga dilakukan terhadap pengusaha atau perseorangan.

Rancangan Perda Larangan Minol di Jatim

Konsistensi: Berdasarkan Permendag No. 6/2015 tentang Perubahan Kedua atas Permendag No. 20/M-DAG/PER/4/2014 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Perizinan Minuman Beralkohol, yang masih memberikan kesempatan kepada Hotel Bintang 3, 4, dan 5 untuk menjual alkohol. Ada bebarapa Kabupaten di Jawa Timur sedang merancang Perda yang akan melarang peredaran minuman berakohol di seluruh wilayahnya.

Subscribe to Pariwisata