Perbankan

Permohonan Kepastian Hukum Terhadap Surat Keterangan Lunas sekaitan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI)

Eks pemegang saham Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI) telah membuat Perjanjian Penyelesaian Kewajiban Pemegang Saham (PKPS) dengan Pemerintah Indonesia, dalam bentuk Master Settlement and Acquisition Agreement (MSAA) dan eks pemegang saham BDNI sudah menerima Surat Keterangan Lunas (SKL) dari Ketua BPPN. Namun sampai saat ini, permasalahan tersebut tidak kunjung selesai dan masih terus dipermasalahkan oleh aparat penegak hukum sehingga muncul kekhawatiran bagi investor untuk melakukan investasi di Indonesia karena tidak adanya kepastian hukum dan usaha.

Laporan gugatan BluTether Ltd terhadap PT. MNC Sky Vision.

BluTether Ltd melaporkan permasalahan terkait pelanggaran terhadap Sales and Purchase Agreement (SPA) yang dilakukan ole PT. MNC Sky Vision Tbk (MSky). Berikut ringkasan kronologis:

1. Pada 23 September 2014, BluTether dan MSky menandatangani SPA, dan sepakat untuk menggunakan Singapore International Arbitration Centre (SIAC) sebagai dasar hukum apabila dikemudian hari terdapat sengketa. Sehingga pengadilan Indonesia tidak memiliki wewenang untuk memberikan putusan hukum.

Permasalahan kasus sengketa antara Goldman Sachs dengan Sdr. Benny Tjokrosaputro

Permasalahan ini muncul akibat adanya gugatan Sdr. Benny Tjokrosaputro mengenai transaksi saham di pasar modal. Menurut pihak Goldman gugatan hukum tersebut mengandung sejumlah pernyataan yang tidak benar mengenai kegiatan bisnis GSI dan sudah mempengaruhi reputasi institusi GSI. Pihak GSI ingin mengklarifikasi bahwa Sdr Benny Tjokrosaputro tidak memiliki hubungan bisnis dan beliau tidak pernah menjaddi klien GSI. (Surat terlampir)

Permasalahan Pembangunan PLTU Jawa 3 Eks Tj Jati A 2 x 660 MW

Bank Indonesia diharapkan dapat memberi kompensasi kepada kontrak-kontrak bidang ketenagalistrikan untuk menyelesaikan Financial Close.

PLTU IPP Batang, 2 x 1000 MW

1. Jalur evakuasi daya eksisting tidak mencukupi untuk menampung daya keluaran pembangkit.
2. Bank Indonesia diharapkan dapat memberi kompensasi kepada kontrak-kontrak bidang ketenagalistrikan untuk menyelesaikan Financial Close

Penyesuaian Suku Bunga BI Rate

Tingkat suku bunga BI rate, agar disesuaikan tiap-tiap daerah menyesuaikan dengan perekonomian masing-masing daerah.

Sulitnya Kredit Usaha UMKM Sektor Mikro

Sulitnya UMKM sektor mikro memperoleh Kredit Usaha, karena Bank pemberi KUR minta jaminan/kolateral.

Kredit Bunga Bank Komersial Masih Tinggi

Suku bunga kredit bank komersial yang masih tinggi, tidak mengikuti penurunan BI Rate yang telah turun ke 6,75%.

Tingginya Bunga KUR

Bunga KUR (9%) masih lebih tinggi dibandingkan LPDB (6%), diharapkan agar bunga KUR kedepannya diturunkan.

Mekanisme Pelaporan Devisa Hasil Ekspor Terlalu Rumit

Birokrasi:
Mekanisme pelaporan Devisa Hasil Ekspor (DHE) tidak efisien dan merepotkan, karena harus dilengkapi dengan berbagai dokumen yang direkap secara manual
Catatan: mekanisme pelaporan DHE diatur dalam PBI No. 16/2014 tentang Penerimaan DHE dan Penarikan Devisa Hutang Luar Negeri.

Pages

Subscribe to Perbankan