Tenaga Kerja

Permasalahan Perkumpulan Kepemilikan Apartemen Puri Indah Sekupang terkait perpanjangan hak pengalokasian atas tanah dan keluhan pengelolaan

Perkumpulan Kepemilikan Apartemen Puri Indah Sekupang melakukan perjanjian dengan PT. Guthrie Jaya Indah Island Resort yang mencantumkan baha perpanjangan pengalokasian hak atas tanah adalah kewajiban PT. GJIIR dan penghuni apartemen membayar biaya yg wajar untuk hal tsb.
Pada 7 September 2018 (berakhirnya periode alokasi lahan pertama) PT. GJIIR tidak melaksanakan kewajiban kepada pemilik dan menerbitkan surat untuk pembayaran harga baru dengan tarif 12 juta/m2 yang tidak sesuai dengan perjanjian.

Permasalahan yang disampaikan oleh Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) terkait kenyamanan dan kelancaran berusaha

REI merupakan asosiasi pengembang yang memiliki anggota ±5.000 pengembang di 34 Provinsi di Indonesia yang berkontribusi dalam sektor property yang dapat menggerakkan 174 industri pendukung lainnya.
Namun dalam pelaksanaan kegiatan investasinya, para pelaku usaha mengalami sweeping yang dilakukan oleh pihak kepolisian sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan ketidaklancaran sehingga berdampak pada adanya kekhawatiran para pelaku usaha dalam menjalankan usaha di Indonesia.

Permasalahan China Development Bank Jakarta Representative Office terkait Ketenagakerjaan Asing

China Development Bank adalah institusi keuangan terbesar dengan aset World Bank, Asia Development Bank, Asia Infrastructure Investment Bank and Africa Development Bank. CDB telah membiayai 73 proyek di Indonesia (24,6 Milyar USD) salah satunya adalah KCIC, IMIP, serta 16 Pembangkit (8450 MW), CDB Jakarta Representative Office didirikan untuk mendorong pertumbuhan lebih lanjut.
CBJRO memiliki permasalahan ketenagakerjaan sbb :

Permasalahan Japan External Trade Organization (JETRO) terkait dengan Rancangan Kepmen Ketenagakerjaan Asing

JETRO menyampaikan usulan bahan pertimbangan finalisasi Rancangan Kepmen Ketenagakerjaan Tentang Jabatan Tertentu yang dapat Diduduki oleh TKA
1. Kemenaker mempertimbangkan penetapan jabatan Presdir, Dir, Preskom dan Komisaris untuk seluruh sektor usaha dapat diduduki TKA
2. Ketentuan pelaksanaan evauasi berkala penuh dilaksanakan 2 tahun sekali menjadi 3 tahun sekali
3. Diperlukan daftar jabatan yang fleksibel dalam Rancangan Kepmen dan penggunaan ISCO International Standard Classification of Occuopation sebagai kode acuan

Permasalahan Asosiasi Pertekstilan Indonesia tentang Permohonan Kebijakan Upah Minimum bagi Industri Tekstil di Jawa Timur

Kondisi Industri Tekstil (Pemintalan Benang-Garment) d Jawa Timur, yang mana daya saingnya sangat jauh dibawah Jateng maupun Jabar. Penyebab utama dari permasalahan ini adalah penetapan UMK di masa lalu tahun 2013-2016, sehingga dampak ini dirasakan semakin berat dari tahun ke tahun (hingga saat ini tahun 2017).
UMK di Jateng hanya sebesar 46 % dari UMK di Jatim, bahkan di Jabar, yang mempunyai industri tekstil terpadu dari Hulu hingga Hilir, UMK nya hanya sebesar 63,85 % dari Jatim.

Pemohonan Penyelesaian Masalah Unjuk Rasa FSPMI oleh Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha Jawa Timur

  • Terjadi demonstrasi berkepanjangan yang dilakukan oleh sebagian karyawan dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) terhadap PT. Magi karena belum ada titik temu terhadap kedua belah pihak.
  • FORKAS Jawa Timur berharap pemerintah dapat membantu menyelesaikan kasus tersebut.

Permohonan Work Permit on Arrival (WOA) oleh PT. Robert Bosch

  • Proses perolehan perizinan visa kerja untuk tenaga kerja asing telah meningkat secara signifikan sejak peraturan baru dikeluarkan pada tahun 2015.
  • Permasalahan RPTKA dan IMTA yang dirasakan sangat lama dalam pengurusannya dan memakan biaya yang besar, dikeluhkan oleh PT. Bosch
  • PT. Bosch mengajukan permohonan agar Pemerintah Indonesia dapat mengeluarkan skema "Wosk Permit on Arrival" untuk pekerja asing yang datang ke Indonesia.

Permasalahan ketenagakerjaan di salah satu Bisnis dari PT Maersk di Indonesia yaitu PT Damco Warehousing

Permasalahan ketenagakerjaan di salah satu Bisnis dari PT Maersk di Indonesia yaitu PT Damco Warehousing, menyebabkan aksi unjuk rasa berkepanjangan.

Tidak Ada Kontrol Demo Buruh

Masih lemahnya penegakan hukum terkait investasi dan hubungan industrial berupa tidak adanya kontrol keamanan dari pihak Kepolisian ketika ada demo buruh di daerah.

Sertifikasi Pekerja Sektor Pertambangan dan Migas

- Dualisme sertifikasi pekerja di sektor pertambangan dan migas antara Kemenaker dan Kemen ESDM.
- Sertifikasi ulang kompetensi pegawai oleh BUMN tertentu.

Pages

Subscribe to Tenaga Kerja